TRUE

Page Nav

HIDE
GRID_STYLE
TRUE

Breaking News:

latest

Danramil Paguyangan Sosialisasi Komponen Cadangan Matra Darat

Brebes | Jateng, IMC - Kodim 0713 Brebes melaksanakan sosialisasi pembentukan Komponen Cadangan (Komcad) Matra Darat diwilayah Koramil 11 Pa...


Brebes | Jateng, IMC - Kodim 0713 Brebes melaksanakan sosialisasi pembentukan Komponen Cadangan (Komcad) Matra Darat diwilayah Koramil 11 Paguyangan. 


Kegiatan sosialisasi Pembentukan Komponen Cadangan (Komcad) Matra Darat yang dilaksanakan oleh Koramil bertempat di  Pondok Pesantren Al-Bana Desa Paguyangan, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Sabtu (22/05/2021).


Kapten Arhanud Suryadi, SH Danramil Paguyangan sekaligus pemberi materi, mengungkapkan jika kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan hari ini merupakan tindak lanjut diterbitkannya UU Nomor 23 tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional (PSDN) untuk pertahanan.


“Kita ketahui bersama bahwa sistem pertahanan negara Indonesia adalah Sishankamrata yaitu Sistem Pertahanan Rakyat Semesta, dimana seluruh warga negara Indonesia berhak dan wajib ikut serta  dalam melaksanakan pertahanan negara,” jelas Kapten Suryadi.


Dandim 0713 Brebes Letkol Arm Mohamad Haikal Sofyan melalui Danramil juga menitipkan pesan bahwa tentang Sishankamrata yang terdiri dari tiga komponen yakni komponen utama adalah TNI tiga matra TNI AD, TNI AL dan TNI AU. Kedua, komponen cadangan adalah sumber daya manusia (SDM) dan sumber daya alam (SDA) maupun sumber daya buatan (SDB) sarana dan prasarana nasional. Komponen itu disiapkan  untuk mendukung komponen utama.


Ketiga adalah komponen pendukung yakni terdiri dari seluruh masyarakat, sarana prasarana yang bisa mendukung pertahanan negara.


“Untuk komponen cadangan selama ini belum pernah diundangkan, barulah tahun 2019 diterbitkan tersebut yang mengatur tentang komponen cadangan tersebut. Hari ini (kemarin) kami sosialisasikan agar dapat diketahui oleh seluruh komponen masyarakat diwilayah Kabupaten Brebes karena  rencana tahun ini akan ada program rekrutmen serta pelatihan pembentukan komponen cadangan,” Imbuhnya.


Lebih lanjut, Dandim berharap setelah sosialisasi yang dilakukan oleh Danramil di 17 Kecamatan nantinya membuat masyarakat bisa lebih mengerti serta memahami tentang pembentukan Komponen Cadangan (Komcad) Matra Darat. (Kujang).

No comments