TRUE

Page Nav

HIDE
GRID_STYLE
TRUE

Breaking News:

latest

Danramil Gandrungmangu Berikan Pembinaan Kepada Linmas, FKDM, FKPM dan KST Desa Karanganyar

Cilacap | Jakarta, IMC - Untuk menangkal terjadinya konflik di masyarakat, maka dibutuhkan terciptanya kehidupan masyarakat yang aman, tent...

Cilacap | Jakarta, IMC - Untuk menangkal terjadinya konflik di masyarakat, maka dibutuhkan terciptanya kehidupan masyarakat yang aman, tentram, damai dan sejahtera, serta terpelihara hubungan yang harmonis, tegangrasa, dan toleransi di dalam hidup bermasyarakat.

Hal tersebut disampaikan Danramil 10/Gandrungmangu Kapten Inf Marjono saat memberikan pembekalan dalam rangka Pembinaan Linmas, FKDM (Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat), FKPM (Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat) dan KST (Kader Siaga Trantib) Desa Karanganyar di Balai Desa Karanganyar Kecamatan Gandrungmangu, Jumat (11/6/21)

Danramil menjelaskan, timbulnya konflik sosial di tengah masyarakat dapat memecah belah bangsa. Hal ini di sebabkan oleh kepentingan individu, kelompok, politik, suku, ras, agama serta sosial budaya. Untuk mencegah terjadinya konflik tersebut, maka perlu terciptanya kehidupan masyarakat yang aman, tentram, damai dan sejahtera, serta terpelihara hubungan yang harmonis, saling tegangrasa dan toleransi, jalin komunikasi yang baik dan budayakan musyawarah untuk mufakat," Jelasnya.

Dihadapkan dengan tugas Linmas, FKDM, FKPM dan KST di desa, Danramil juga memberikan materi Kesiapsiagaan/Tanggap bencana Skala Lokal, penanganan konflik sosial dan Permendagri No. 12 tahun 2006 tentang Kewaspadaan Dini Masyarakat di Daerah.

"Linmas, KST, FKDM, dan FKPM terbentuk tim yang terdiri dari Toga, Tomas, Toda dan Tokoh Pendidik sehingga harus bisa berkaloborasi dengan Koramil dan Polsek sehingga sekecil apapun kejadian di wilayah bisa segera dilaporkan dan dilakikan langkah preventif dalam pencegahannya, dan salah satu tugas FKDM (Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat) adalah untuk menjaga keamanan bersama demi keutuhan NKRI," Terang Kapten Inf Marjono.

Selain hal tersebut, dalam kesempatan itu, Danramil juga mensosialisasikan pentingnya vaksinasi kepada masyarakatnya. Dia menghimbau agar warga tidak perlu takut dan ragu untuk divaksin karena Vaksinasi ini bertujuan untuk membentuk imun tubuh agar kita mempunyai kekebalan terhadap virus atau penyakit. 

"Saya berharap yang hadir disini untuk ikut serta mensukseskan program vaksinasi ini, dengan cara mensosialisasikan dan mengajak saudara, keluarga dan warga dilingkungannya. Vaksinasi bisa juga dengan jemput bola maksudnya pelaksanaan vaksinasi bisa di laksanakan di Balai Desa bertujuan untuk mempercepat, mempermudah dalam pelayanan Vaksinasi," Harapnya.

Kapolsek Gandrungmangu melalui Kanit Binmas Aiptu Sujarwo dalam kesempatan itu untuk menerapkan Polmas, serta mengajak semua warga untuk menggiatkan kembali Pos Kamling. FKPM (Forum Kemitraan Polisi Masyarakat) dituntut perannya dalam mendukung tugas pokok Polri yaitu memelihara keamanan dan keteriban masyarakat, penegakan hukum, memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan terhadap masyarakat. Serta membina masyarakat untuk meningkatkan partisipasi masyarakat sadar hukum.

"Minimnya anggota masyarakat yang mempunyai hubungan dekat dengan anggota Polri di daerah  sehingga menjadikan kendala bagi Polri guna menciptakan masyarakat yang aman dan tertib," Ucap Aiptu Sujarwo.

Dalam kegiatan tersebut, dihadiri Camat Gandrungmangu Yani Yhustianta, M.Si., Danramil 10/Gandrungmangu Kapten Inf Marjono, Kapolsek yang di wakili Kanit Binmas Aiptu Sujarwo, Babinsa Sertu Indra Rismanta,  Babinkamtibmas Aipda Mulyanto, Kepala Desa Karanganyar Riskianasari, SE. beserta perangkatnya.

(Urip/Sty)

No comments