Page Nav

HIDE

Breaking News:

latest

Ciptakan Birokrasi yang Bersih, Mentan Lantik Mantan Jam-Intel Sebagai Irjen Kementan

Menteri Pertanian Prof. Dr. Syahrul Yasin Limpo ( kanan ) melantik dan mengambil sumpah Dr. Jan S Maringka sebagai Inspektur Jenderal Kement...

Menteri Pertanian Prof. Dr. Syahrul Yasin Limpo ( kanan ) melantik dan mengambil sumpah Dr. Jan S Maringka sebagai Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian ( Kementan ), Rabu ( 30/3/2022 )

JAKARTA
— Menteri Pertanian Prof. Dr. Syahrul Yasin Limpo melantik dan mengambil sumpah Dr. Jan S Maringka sebagai Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian ( Kementan ). Pelantikan berlangsung di Auditorium Gedung F Kementan, Ragunan, Jakarta-Selatan, Rabu ( 30/3/2022 ) dan dihadiri oleh jajaran Kejaksaan Agung serta pejabat eselon 1 Kementan.

Pelantikan Jan Maringka sebagai Inspektur Jendral Kementan berdasarkan Keppres Nomor 33 Tahun 2022 tanggal 9 Maret 2022.


Mentan Syahrul Yasin Limpo dalam sambutannya meminta agar Inspektur Jenderal yang baru bisa mengenali lingkungan kerjanya secara cepat dan mampu beradaptif terhadap segala tantangan yang ada.

"Saya secara resmi melantik saudara sebagai Inspektur Jenderal Kementan dan saya percaya saudara bisa mengemban tugas ini sebaik baiknya. Saya juga minta agar saudara mengenali medan kerja yang baru agar bisa mendukung dan mencapai target ketahanan pangan nasional," ujar mantan Gubernur Sulawesi Selatan.

Menteri Syahrul Yasin Limpo berharap kehadiran mantan Kajati Sulsel Jan S Maringka menjaga seluruh jajaran Kementan.

Mentan juga mengatakan, selama ini sektor pertanian tidak pernah libur karena setiap hari terus melakukan produksi.


“ Hasilnya, produksi berbagai komoditas naik dan kesejahteraan petani meningkat,” ujarnya.

Jan S Maringka saat ini resmi dikaryakan oleh pimpinan menjabat sebagai Inspektur Jenderal Kementan yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Kepala Kajati Maluku, Kepala Kejati Sulawesi Selatan, Jaksa Agung Muda Intelijen mengaku siap bekerja secara optimal dalam mewujudkan target-target yang sudah ditentukan. Utamanya mengenai ketahanan pangan nasional. Terakhir Jan Maringka sebagai Staf Ahli Jaksa Agung bidang Perdata dan Tata Usaha Negara Kejaksaan Agung.

Penggagas siaran Radio melalui Program Jaksa Menyapa ini dinilai Kementan adalah utusan Tuhan.

“Selama saya menjadi kepala daerah 25 tahun, saya selalu menjaga integritas bawahan saya. Alhamdulillah sampai sekarang belum ada anak buah saya yang bermasalah. Salah satu yang membuat keberhasilan itu adalah pak Jan Maringka saat bertugas di Sulawesi Selatan ketika saya menjabat. Sekarang kembali tanggung jawab itu ada di pundak pak Jan Maringka.

Pak Jan Maringka ini adalah utusan Tuhan buat kita disini. Tidak ada sebuah keberhasilan jika tidak dilakukan secara bersama-sama. Selamat datang pak Jan Maringka, selamat bergabung di Kementerian Pertanian, terima kasih kepada Jaksa Agung yang telah memberi anggotanya kepada kita,” kata Mentan.

Menurut Mentan, peran Inspektur Jenderal sangatlah penting dalam mengontrol keuangan internal serta menciptakan birokrasi yang bersih.

Ditambahkan peran Irjen harus menjadi unit terdepan dalam mengawal pelaksanaan pengawasan aparat internal pemerintah. ( Muzer/Red/Rls )

No comments