Page Nav

HIDE

Breaking News:

latest

Pastikan Stok Pangan Aman, Irjen Kementan Turun Langsung Sidak 3 Pasar di Banten

Serang,Mtv – Kementerian Pertanian RI memastikan stok bahan pokok terpenuhi saat Ramadhan hingga menjelang lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah,...



Serang,Mtv – Kementerian Pertanian RI memastikan stok bahan pokok terpenuhi saat Ramadhan hingga menjelang lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah, Inspektur Jendral Kementerian Pertanian RI Dr. Jan Maringka melakukan monitoring langsung atau fact finding di sejumlah pasar Provinsi Banten, Kamis (28/4/2022). 


Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian Jan Maringka bersama rombongan melakukan monitoring langsung di 3 tempat pasar tradisional, yakni Pasar Rangkasbitung, Kabupaten Lepak; Pasar Pandeglang, dan Pasar Induk Rau di Kota Serang.


Selain mengecek bahan pokok, kunjungan tersebut juga memastikan stabilitas harga bahan pokok yang naik secara periodik.



Setelah melihat langsung stok bahan pangan di ketiga pasar tersebut, Jan Maringka memastikan ketersediaan bahan pokok di Banten aman hingga Idul Fitri nanti.


Jan Maringka yang merupakan Jaksa Utama pada Kejaksaan Agung, mengatakan, selain memastikan ketersediaan stok bahan pangan, monitoring tersebut juga merupakan bentuk dukungan dari Kementerian Pertanian bagi pelaksanaan Program Pasar Tani di setiap daerah.


Menurut mantan Jaksa Agung Muda Intelijen, Pasar tani diharapkan dapat memfasilitasi petani dengan konsumen dalam mendapatkan produk yang bermutu dan terjangkau.


“Kunjungan ini juga bentuk kepedulian dan kehadiran peran pemerintah dalam mendorong ketersediaan pangan di masyarakat. Bersama pemerintah daerah, kita dorong program ketahanan pangan melalui berbagai program, salah satunya Pasar Tani, Bazar Ramadhan, dan Pangan Murah,” ujar Jan Maringka saat mengunjungi Pasar Induk Rau yang didampingi Sekda Banten Al Muktabar.


Doktor Lulusan Universitas Hasanuddin  berharap, monitoring dan pasar murah yang digelar oleh masing-masing pemerintah daerah dapat memberikan dampak langsung kepada masyarakat maupun kestabilan harga pangan. 


Ditambahkan bahwa Kementan RI juga terus  memantau rantai distribusi pangan untuk menjaga agar tak terjadi inflasi harga khususnya kala menjelang lebaran. ( Muzer/Sultan )


No comments