TRUE

Page Nav

HIDE
GRID_STYLE
TRUE

Breaking News:

latest

SMA Muhi Selenggarakan Lomba di Penghujung Ramadhan

Yogyakarta, IMC - Rangkaian kegiatan Ramadhan 1443 H di TPA As – Sakinah SMA Muhi ditutup dengan menyelenggarakan berbagai lomba. K...

Yogyakarta, IMC - Rangkaian kegiatan Ramadhan 1443 H di TPA As – Sakinah SMA Muhi ditutup dengan menyelenggarakan berbagai lomba. Kegiatan ini sekaligus sebagai puncak rangkaian acara selama Bulan Ramadhan. Berbagai lomba yang diadakan adalah lomba mewarnai, azan, hafalan Al – Qur’an Juz-30, dan lomba pidato. Kegiatan lomba ini dilaksanakan di Masjid As – Sakinah dan dimulai pada pukul 16.00 WIB – menjelang berbuka puasa. Peserta kegiatan lomba ini adalah santri usia TK dan SD yang bertempat tinggal di sekitar sekolah sejumlah sekitar 70 anak. Adapun juri lomba mewarnai adalah Zahwa Aniqotul Aribah dari Ponpres Gontor Putri 1 Mantingan. Sedangkan untuk juri lomba azan adalah Riyan Ferinanda yang merupakan mahasiswa UIN Sunan Kalijaga yang saat ini juga mengajar di TPA As – Sakinah. Juri lomba pidato adalah Nusaibatu Rohmah yang merupakan mahasiswa di Syuhada Yogyakarta. Terakhir untuk lomba hafalan jurinya adalah Nusaibah Fatikhurrahmah mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Masjid Syuhada Yogyakarta.


Kegiatan lomba pada Hari Selasa, 26 April 2022 adalah lomba mewarnai. Peserta datang dengan sangat antusias. Mereka datang dengan membawa perlengkapan mewarnai dan hanya diberikan waktu 45 menit untuk menyelesaikan karyanya. Lomba mewarnai kali ini dibagi menjadi 2 ketegori yaitu tingkat SD dan tingkat TK. Untuk tema lomba mewarnai tingkat SD adalah pemandangan alam dan TK adalah mewarnai rumah. Ananda Kirana Larasati yang karyanya cukup bagus menyampaikan bahwa ia sangat senang mengikuti lomba ini dan ia merasa sangat percaya diri untuk menang. Selanjutnya pada hari Kamis, 28 April 2022 kegiatan dilanjutkan dengan lomba azan untuk santri putra dan hafalan Juz-30 untuk santri putri. Banyak sekali kejadian lucu yang terjadi seperti suara yang hilang, terbalik urutan azan dan ada santri yang tiba – tiba iqomah. Adapun untuk santri putri pada kesempatan ini diberikan tantangan untuk menghafalkan berbagai surat yang sudah ditentukan. Hari Jum’at 29 April 2022 dilanjutkan dengan lomba pidato pidato. Pada lomba pidato ini para peserta dituntut untuk membaca dengan lancar dan intonasi yang tepat. Banyak peserta lomba yang masih malu dan tidak mau menyampaikan pidato dengan lantang dan tegas.

Menurut pengasuh TPA As – Sakinah Ibu Hirawati, LC kegiatan lomba ini merupakan upaya panitia untuk memberikan apresiasi bagi para peserta yang selama Bulan Ramadhan ini rutin mengikuti berbagai kegiatan di TPA As Sakinah. Beliau juga berharap dengan lomba ini para santri semakin percaya diri dan terus bersemangat dalam belajar. “Ada berbagai hadiah lomba yang kami siapkan, diantaranya adalah peralatan sekolah, peci, sajadah, sarung, mukena dan baju muslim. Pengumuman kejuaraan dan pembagian hadiah lomba akan dilakukan bersamaan dengan kegiatan takbiran pada 1 Mei 2022. Semoga dengan lomba ini anak – anak tetap rajin berangkat TPA untuk belajar Iqra meskipun Bulan Ramadhan telah usai” pungkas beliau.


Bapak Abdul Qodir S.Th.I, M.S.I selaku wakil kepala urusan Ismuba memberikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan lomba ini. Beliau berharap anak – anak semakin dewasa, mandiri, percaya diri dan semangat dalam belajar Al – Qur’an. “Mengajak anak lomba itu bisa melatih mental anak, dimana anak berani dan tidak malu ditonton banyak orang. Melatih anak untuk percaya diri dan bangga dengan kemampuan mereka. Hal ini bisa membuat anak lebih paham akan arti persaingan yang sehat, berkompetisi. Harapannya anak-anak akan semakin rajin dalam beribadah dan menuntut ilmu”. Pungkas beliau.
Penanggung Jawab : Yusron Ardi Darmawan M.Pd

No comments