Page Nav

HIDE

Breaking News:

latest

Koramil Kedungreja Canangkan Kampung Pancasila di Desa Kedungreja

Cilacap, Jateng | IMC - Koramil 12/Kedungreja, Kodim 0703/ Cilacap,  laksanakan Pencanangan Kampung Pancasila, kegiatan dilaksanakan sebaga...



Cilacap, Jateng | IMC - Koramil 12/Kedungreja, Kodim 0703/ Cilacap,  laksanakan Pencanangan Kampung Pancasila, kegiatan dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian warga dalam rangka upaya menjaga berdiri tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Pencanangan Kampung Pancasila dipusatkan di Desa Kedungreja Kecamatan Kedungreja, Kabupaten Cilacap, Rabu (18/5).

Kegiatan tersebut guna memantapkan Dasar dan Nilai - Nilai Pancasila, sehingga perlu untuk dilestarikan dan dijaga, guna menghindari perpecahan di masyarakat.

Pencanangan Kampung Pancasila di awali pembekalan guna memantapkan serta mempedomani dalam menjaga kerukunan, toleransi, ketaqwaan kepada Tuhan YME di masyarakat oleh Danramil 12/Kedungreja di Pendopo Balai Desa Kedungreja.

Menyanyikan lagu Indonesia raya oleh peserta kegiatan dan pembacaan teks Pancasila oleh Gus Hasan dan Pendeta Markus tokoh Agama setempat.

Dalam sambutannya Danramil 12/ Kedungreja, Kapten Inf. Saidin menekankan pentingnya dalam melestarikan nilai yang terkandung dalam butir Pancasila, menciptakan kerukunan terhadap umat beragama di masyarakat, mendorong masyarakat untuk saling menghormati dan menghargai sesama dengan guyub, santun juga berbudaya.

Lebih lanjut, " Pancasila sebagi pedoman rakyat Indonesia dalam berbangsa dan bernegara, maka penerapan nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat untuk tidak membeda bedakan suku, ras, agama dan golongan guna menjadi dasar dalam menjalin kerukunan dalam bermasyarat," katanya.

Desa Kedungreja menurutnya, " Kebhinekaan dan keberagaman dalam masyarakat di Desa tersebut sangat layak sebagai contoh, sehingga kami memilih sebagai Kampung Pancasila.," Ungkap Danramil.

Dalam keterangannya Danramil juga menyampaikan Program Kampung Pancasila sebagai wahana untuk menanamkan jiwa nasionalis dan patriotis segenap warga sebagai bela negara dan tujuan utama dibentuknya kampung Pancasila dengan harapan dan tekad yang kuat untuk memantapkan solidaritas antar umat beragama," Pungkasnya.

Kegiatan juga di tandai Pemukulan Gong tanda di resmikannya Kampung Pancasila Desa Kedungreja oleh Jajaran Forkopincam Kedungreja dan Patimuan.

Hadir dalam acara Camat Kedungreja yang diwakili Sekcam Eman Suherman S.Sos.,M.Si, Danramil Kedungreja Kapten Inf Saidin, Kapolsek Kedungreja AKP Sutomo, Kapolsek Patimuan lPTU Sugeng. S, S.H, Kepala Dinas UPTD dilingkungan Kecamatan Kedungreja dan Patimuan, Kepala Desa Kedungreja Adi Purnawan, Persit KCK Koramil 12/ Kedungreja, Kepala Desa di wilayah Kecamatan Kedungreja, TP. PKK Desa, Ormas Pemuda Pancasila, Kokam, Banser, Tomas, Toga.(Sty) 

No comments