TRUE

Page Nav

HIDE
GRID_STYLE
TRUE

Breaking News:

latest

Sebanyak 550 Koper Jama'ah Haji, Mendarat di Asrama Haji Tabing, Padang

 Padang,mtv -  Persiapan demi persiapan terus dilakukan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatra Barat untuk kesuksesan penyelengga...

 Padang,mtv - Persiapan demi persiapan terus dilakukan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatra Barat untuk kesuksesan penyelenggaraan ibadah haji di Embarkasi Padang. Termasuk pendistribusian koper jemaah haji.

Sebanyak 550 koper jemaah haji Sumbar telah mendarat di Asrama Haji Tabing Padang, Jumat malam (26/5/23). Koper ini akan didistribusikan ke Kemenag kabupaten kota untuk diteruskan ke jemaah calon haji. 

Kedatangan koper jemaah haji ini disaksikan dan ditinjau langsung Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatra Barat, Helmi bersama Kepala UPT Asrama Haji, Afrizen, Ketua Tim Kerja, M. Rifki dan perwakilan PT. Garuda Indonesia, Rusdi. 

Disela-sela pengecekan koper, Kakanwil mengungkapkan, tahun ini koper jemaah berbeda dengan tahun sebelumnya, kualitasnya jauh lebih baik. Jika sebelumnya koper jemaah terbuat dari bahan kain, tahun ini berbahan fiber.

“Kalau kita lihat dari bahannya sangat bagus, kopernya bisa digunakan untuk selamanya, bukan hanya sekali pakai. Kita juga sudah cek satu persatu mulai dari roda, bahan, semuanya bagus,” kata Kakanwil 

Kakanwil juga menjelaskan ada tiga jenis koper yang akan diterima jemaah haji, koper bagasi, koper kabin dan tas sandang atau tas paspor. “Muda-mudahan jemaah puas dan kopernya bisa dimanfaatkan untuk waktu yang lebih lama,” tutur Helmi.



“Koper ini akan langsung kita distribusikan esok hari ke Kemenag kabupaten kota untuk diserahkan langsung ke jemaah haji. Penyerahan koper ini akan dilakukan secara bertahap kepada 4.613 jemaah haji Sumatera Barat,” ungkap Helmi.

Dikatakan Kakanwil, penyerahan koper untuk Sumatera Barat belum terlambat, karena jemaah Sumatera Barat akan diterbangkan ke tanah suci pada tanggal 5 Juni 2023 dan masuk ke asrama haji 1 hari sebelumnya, tanggal 4 Juni 2023.

“Masih ada waktu bagi jemaah haji Sumatera Barat untuk mempersiapkan bekal yang akan dibawa ke tanah suci. Kita targetkan 1 minggu sebelum keberangkatan, koper sudah ada ditangan jemaah haji Sumatera Barat,” ucapnya.

Untuk itu, Kakanwil juga berpesan kepada seluruh jemaah calon haji Sumatera Barat untuk bersabar karena semua akan mendapatkan koper. Cuma pendistribusiannya secara bertahap, diutamakan jemaah dengan kelompok terbang (kloter) lebih awal.

Sementera itu, perwakilan PT. Garuda Indonesia, tbk, Rusdi mengatakan, pengiriman koper dari Jakarta ini akan dilakukan secara bertahap. Pihaknya juga berkomitmen akan terus memantau dan mengawasi agar koper ini selamat sampai di tangan jemaah haji.

“Hari ini, alhamdulillah, 550 koper jemaah haji Sumbar lengkap dan dalam kondisi baik. Pengiriman selanjutnya akan tiba di Padang pada tanggal 29 Mei mendatang dengan jumlah 1.100 buah dan langsung didistribusikan pihak Kemenag ke jemaah,” ujar Rusdi.

Penanggungjawab koper sekaligus Ketua Tim Kerja, M. Rifki bersama tim Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah mengatakan, koper ini akan langsung dikirim esok pagi ke Kabupaten Pasaman Barat, Kota Pariaman dan Kota Padang. Rinarisna

No comments