TRUE

Page Nav

HIDE
GRID_STYLE
TRUE

Breaking News:

latest

Kodim Cilacap dan Pemda Gelar Rapat Persiapan TMMD Sengkuyung Tahap II di Desa Dayeuhluhur

Cilacap | Jateng, IMC - Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) kembali akan digelar untuk mewujudkan pemerataan pembangunan di tingka...

Cilacap | Jateng, IMC - Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) kembali akan digelar untuk mewujudkan pemerataan pembangunan di tingkat pedesaan. Salah satunya di wilayah Kodim 0703/Cilacap, jelang dibukanya kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2021 di Desa Dayeuhluhur, Kecamatan Dayeuhluhur, Kodim 0703/Cilacap bersama Pemda Cilacap menggelar Rapat Persiapan Pelaksanaan kegiatan TMMD di Ruang Rapat Lantai 3 Dispermades Kabupaten Cilacap, Senin (31/5).

Rapat dipimpin Pasiter Kodim 0703/Cilacap Kapten Inf. Saidin yang dalam hal ini mewakili Komandan Kodim, dan Kepala Dispermades Kabupaten Cilacap Arifin SR, S.H., M.M. dan Pasops Lanal Cilacap Mayor laut (P) Subandi serta diikuti oleh Danramil Jajaran Kodim 0703/Cilacap, SKPD, BUMN/BUMD, Forkompincam Dayeuhluhur serta Kepala Desa Dayeuhluhur Razwa Zaenal Abidin.

Tujuan digelarnya rapat ini yaitu untuk menginformasikan secara umum kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap II sekaligus mempersiapkan pelaksanaan upacara pembukaan TMMD Sengkuyung II Tahun 2021 di Desa Dayeuhluhur yang rencananya akan dibuka pada Minggu ke 2 bulan Juni 2021 mendatang.

Dalam Rapat persiapan tersebut juga meminta informasi Program/Kegiatan SKPD, BUMN/BUMD, SWASTA yang dapat disinkronkan dalam mendukung pelaksanaan TMMD serta menginformasikan secara langsung rencana kegiatan baik sasaran fisik maupun non fisik program TMMD Sengkuyung Tahap I ini.

Dalam sambutannya, Dandim 0703/Cilacap melalui Pasiter Kapten Inf Saidin mengatakan, kegiatan TMMD ini merupakan kegiatan yang mengikutsertakan semua instansi baik BUMN/BUMD maupun Stakeholder yang ada di wilayahnya. Program yang dilaksanakan 3 kali dalam setahun ini telah menjadi agenda tahunan dari TNI AD, Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah sehingga diharapkan kepada semua pihak bisa mengalokasikan anggaran khusus dalam rangka membantu meningkatkan kegiatan pembangunan di wilayah pedesaan.

"Program yang dirangkum dalam kegiatan TMMD ini harus didukung oleh semua pihak termasuk BUMN/BUMD maupun Stakeholder yang ada di wilayahnya, sehingga dampak dari kegiatan ini dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Kita juga membuka adanya masukan atau program serta bantuan dari seluruh instansi maupun stake holder yang ada di Kabupaten Cilacap untuk nantinya bisa disinergiskan dengan kegiatan TMMD Sengkuyung tahap II di Desa Dayeuhluhur ini," Kata Pasiter Kapten Inf Saidin.

Adapun sasaran yang akan dicapai dalam kegiatan TMMD di Desa Dayeuhluhur ini meliputi kegiatan fisik dan non fisik. Untuk kegiatan fisik meliputi pengaspalan jalan dengan volume panjang 1.700 meter dan lebar 2,5 meter, pembuatan Talud sepanjang 200 meter, MCK 1 unit dan Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebanyak 40 unit.

Sedangkan untuk sasaran Non Fisik meliputi Penyuluhan Pertanian, Peternakan dan Perkebunan, Penyuluhan Kesehatan dan Pengobatan Gratis, Penyuluhan Belanegara dan Kamtibmas, Penyuluhan Bencana Alam dan Bahaya Narkoba, Pembuatan Akta Kelahiran Gratis, Pelayanan KB Gratis, Perpustakaan Keliling, Pembinaan Kearsipan, Pelatihan Servis Alat Rumah Tangga dan Ketrampilan Wirausaha. 

(Urip)

No comments