Page Nav

HIDE

Breaking News:

latest

Dua Kali Kota Bogor Terbaik 1 JDIH Award 2021 Se-Jawa Barat, Alma: Sadar Hukum Maksimalkan Terus

    Bogor,MTv  - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia melalui Kantor Wilayah Kumham Jawa Barat memutuskan Kota Bogor sebagai terbaik ...

 


 


Bogor,MTv 
- Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia melalui Kantor Wilayah Kumham Jawa Barat memutuskan Kota Bogor sebagai terbaik 1 tata pengelolaan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) pada Pemerintah Daerah, penyerahan tersebut diterima langsung Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim dalam acara JDIH Award dan Penetapan Desa/Kelurahan Sadar Hukum di Jawa Barat Tahun 2021 yang berlangsung di aula Trans Luxury Convention Centre, Bandung pada Selasa (14/12/2021) sore.

Sebelum menyerahkan penghargaan, sambutan Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang dibacakan Plt. Kepala Biro Hukum Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar, Nurul Diana Irawati menyampaikan ucapan selamat kepada  daerah yang telah mendapatkan predikat sebagai wilayah sadar hukum, "Selamat kepada daerah yang mendapat predikat dan penghargaan sebagai wilayah sadar hukum dan mengapresiasi Kabupaten dan Kota atas pengelolaan JDIH yang baik, sehingga mengoptimalkan pelayanan informasi hukum kepada masyarakat."ujarnya.


Sementara itu, Kepala Pusat Dokumentasi dan Jaringan Informasi Hukum Nasional Kemenkumham, Yasmon menyampaikan hingga akhir tahun 2021 ini ada sebanyak 2.957 desa/kelurahan di Jawa Barat sudah ditetapkan menjadi desa/kelurahan sadar hukum.

“ Jumlah tersebut membuat Jawa Barat menjadi provinsi dengan desa/kelurahan sadar hukum terbanyak Se Indonesia, kami berharap agar adanya desa dan kelurahan sadar hukum ini memberi dampak nyata, seperti menurunnya pelanggaran hukum." Katanya.

Sementara pada kesempatan yang sama, usai menerima penghargaan, Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim yang merupakan mantan pejabat KPK mengatakan kota Bogor kedepannya akan terus menerapkan kesadaran aturan hukum, "Kota Bogor dinilai sudah memenuhi kriteria dan layak diberi penghargaan itu, kedepan dipastikan penerapannya dapat mencakup kesadaran aturan dan hukum di masyarakat yang berimplikasi pada rendahnya kasus hukum warga yang menjadi narapidana di Lembaga Pemasyarakatan." Kata Wakil Walikota Bogor Dedie Rachim.

Ditempat yang sama, Kabag Hukum dan HAM Setda Kota Bogor, Alma Wiranta yang mendampingi Wakil Walikota Bogor menambahkan, "Penyampaian informasi publik yang telah dikemas dalam bentuk digital JDIH akan membantu masyarakat mendapatkan info aktual dengan akses yang mudah, terutama regulasi yang berkaitan  kebijakan publik, dengan penghargaan yang diberikan ini kami akan meningkatkan pelayanan lebih baik."tutur alumni Universitas Pertahanan yang juga dikenal sebagai Jaksa.

"Pada tahun 2019 Bagian Hukum telah merampungkan 68 Kelurahan di Kota Bogor untuk berpredikat Kelurahan sadar hukum tingkat Nasional, akan saya maksimalkan terus." ungkap Alma.

Dalam JDIH Award 2021 juara 2 diraih Kabupaten Majalengka dan juara 3 Kota Bekasi (Muzer/Rls)

No comments