Page Nav

HIDE

Breaking News:

latest

Sosialisasi 4 Pilar, Muslim Ajak Generasi Muda Milenial Harus Paham dan Terapkan Sejak Dini

  Aceh Tamiang, IMC - Dengan cuaca yang sedikit mendung pada kesempatan kali ini Bang Muslim, SHI., MM melaksanakan Sosialisasi 4 Pilar Kehi...

 






Aceh Tamiang, IMC - Dengan cuaca yang sedikit mendung pada kesempatan kali ini Bang Muslim, SHI., MM melaksanakan Sosialisasi 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara dengan Tokoh Masyarakat, Pemuda dan Masyarakat Aceh Timur di rumah Kadus Ilyas di tanggal 24 Mei 2022 yang cukup ramai pesertanya.


Sebelum kegiatan Sosialisasi dimulai seperti biasanya dilakukan acara seremonial pembukaan dimana dimulai dengan membuka acara dengan membaca 'bismillahi' lalu sampai menyanyikan lagu Indonesia Raya sebagai bentuk menjaga semangat kemerdekaan untuk terus berbuat kepada negara dan masyarakat.


Mengawali Sosialisasi ini Bang Muslim sebagai anggota MPR RI menyampaikan pandangannya yang pertama selanjutnya pemateri yang lain lalu sesi tanya-jawab.


Bang Muslim, sapaan akrabnya, mengungkapkan 4 Pilar digaungkan gerakannya setelah lahir reformasi 1998 dengan kejatuhan Soeharto yang dikenal rejim otoriter dan tidak ada demokrasi. 4 Pilar itu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.


Reformasi inilah bermaksud memberikan perubahan dan pemaknaan yang sebenarnya terhadap 4 Pilar yang selalu didistorsi oleh penguasa untuk menjaga kekuasaan makanya perjalanan 4 Pilar mengalami kelemahan untuk mencapai tujuan berbangsa dan bernegara yang sebenarnya, lanjut Bang Muslim.


Perubahan yang diinginkan reformasi adalah demokrasi, keadilan dan kesejahteraan masyarakat kecil dan desa dengan penguatan nilai-nilai budaya yang dimiliki bangsa Indonesia, tambah Bang Muslim.


Jalal, seorang pemuda Aceh Timur, mengomentari pandangan Bang Muslim terkait reformasi yang sedang berjalan dengan usianya reformasi kini 24 tahun merupakan usia yang beranjak dewasa yang sudah memiliki pondasi yang harus dikuatkan untuk berjalan dengan baik bukan malah diturunkan pemikirannya misal soal pembatasan kekuasaan yang diperdebatkan dengan alasan pemimpin bagus dan harus dilanjutkan jadi harus dirubah pembatasan waktu kekuasaan. 


Pergantian kepemimpinan sebuah jalan demokrasi yang menginginkan tidak terjadi bangunan otoriter dan munculnya dinamika kekayaan model kepemimpinan di bangsa ini mengingat bangsa ini punya modal sosial yang cukup besar soal kepemimpinan yang terbangun mulai dari desa sampai nasional, tambah Jalal.


Lalu Jalal lanjut dengan pertanyaan, apa kontribusi 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara dalam penguatan reformasi dan kekuasaan dalam narasi demokrasi?


Suasana yang begitu bersemangat dalam Sosialisasi kali ini dimana kehadiran Pemuda merupakan perwujudan generasi daerah siap menyongsong kemajuan pembangunan reformasi dan pengawalan terhadap tegaknya 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara.


Sesi dilanjut dengan Bang Muslim, yang terpilih dari Dapil Aceh II, mengungkapkan jawaban dari beberapa pertanyaan yang terangkum, bahwa reformasi buah karya para mahasiswa, pemuda dan masyarakat yang menginginkan adanya demokrasi dan kepemimpinan yang berpihak pada keadilan dan kesejahteraan masyarakat.


Jadi ikhtiar soal demokrasi yang harus selalu dievaluasi bukan dengan jalan adanya penambahan masa kepemimpinan dan sirkulasi kepemimpinan yang dimiliki sistem adalah hal yang terbaik untuk menghasilkan yang baik. itulah dasar pemikiran yang sudah baik, tutur Bang Muslim.


Sosialisasi yang berjalan dinamis dengan berbagai pertanyaan maupun pandangan dari peserta akhirnya harus diakhirnya karena pembatasan waktu dan ruang yang ada dalam alur kegiatan Sosialisasi. 


Bang Muslim dengan gaya khasnya mengungkapkan pandangan akhirnya di sesi penutupan Sosialisasi. Reformasi harus dijaga oleh nalar mahasiswa dan pemuda sebagai generasi bangsa dan yang mencetuskan lahirnya reformasi agar tidak menyimpang dan berlogika karena kepentingan semata bukan pemikiran yang menguatkan terjadinya sistem maupun perjalanan yang semakin baik.


Jadi 4 Pilar adalah ruh perubahan yang digaungkan reformasi oleh karena itu 4 Pilar gerakan yang harus dibangun bersama-sama dalam ruang yang luas dan kreatif dengan dukungan mahasiswa dan pemuda.


No comments