Page Nav

HIDE

Breaking News:

latest

Wakil Bupati T.Insyafuddin Menghadiri Kegiatan Khatam Al Qur'an SDN 1 Sriwijaya

  Aceh Tamiang, IMC - Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Sriwajaya Kecamatan Kota Kualasimpang Kabupaten Aceh Tamiang mengelar khataman Alqur`an a...

 






Aceh Tamiang, IMC - Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Sriwajaya Kecamatan Kota Kualasimpang Kabupaten Aceh Tamiang mengelar khataman Alqur`an angkatan pertama, Selasa (24/5/2022).

Wakil Bupati Aceh Tamiang, H.T. Insyafuddin dalam sambutannya mengatakan, kegiatan khataman Alquran yang merupakan program Disdikbud Aceh Tamiang selaras dengan Bupati Magrib mengaji. "Karena dengan belajar mengaji Alqur'an bagi anak-anak kedepannya menjadi pedoman dalam kehidupan dunia dan akhirat mereka kelak" kata Wabup.

Wabup menambahkan sesuai hadist Rasulullah yang menyebutkan orang yang paling baik adalah orang yang belajar Alqur'an dan mengajarkannya.

Dikesempatan ini juga, Wabup mengingatkan bila ada program yang bagus dan baik yang perlu penambahan biaya bagi anak didik, disepakati dulu dan diuji coba satu kelas saja. "Karena setiap program yang baik belum tentu dapat diterima khalayak ramai. Sebagai contoh, perjuangan Rasulullah yang mengajak pada kebaikan tidak semua orang dapat menerima," ucap Wabup.

Kepala Disdikbud Aceh Tamiang, Drs.Abdul Muthalib mengakui program khataman Alqur'an (khatam Alqur'an) bagi siswa-siswi SD dan SMP adalah program Disdikbud dalam upaya membumikan Alqur'an untuk menjadi pedoman hidup di dunia dan akhirat dalam menjalani kehidupan kedepannya.

"Memang program ini diusulkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Tamiang. Untuk tahap awal, usulan kita sampaikan kepada Kepala SDN 1 Sriwijaya. Ternyata usulan ini disambut baik dan telah dilaksanakan dengan baik oleh SDN 1 Sriwijaya. Semoga program khatam Alqur'an ini dapat diikuti oleh SD dan SMP lainnya di Aceh Tamiang. Serta program ini terus ditingkatkan ke arah yang lebih baik lagi kedepannya," ungkap Abdul Muthalib.

Kadisdikbud menambahkan kegiatan khatam Alqur'an selain SDN 1 Sriwijaya, dihari ini juga. SDN Suka Mulia dan SMP Islam swasta di Kota Kualasimpang juga menggelar kegiatan yang sama.

Sementara itu, Kepala SDN 1 Sriwijaya Cut Marlina, S.Pd, M.Pd mengakui program khatam Alqur'an usulan dari Kadisdikbud. "Untuk melaksanakan program ini kita mulai dari anak-anak didik kelas enam dalam mengisi kegiatan usai ujian sambil menunggu pengumuman kelulusan" ujar Ibu Cut.

Dalam kegiatan khatam Alquran tahun 2022 angkatan pertama SDN 1 Sriwijaya diikuti seluruh murid kelas enam, sebanyak 79 orang. Hanya yang khatam 76 orang. Sedangkan tiga orang tidak sampai khatam dikarenakan sakit sehingga tidak dapat mengikuti sampai khatam. 



No comments