Page Nav

HIDE

Breaking News:

latest

Forkopimda Cilacap Ikuti Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 Secara Virtual

Cilacap, Jateng | IMC - Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0703 Cilacap Kapten Inf Saidin dalam hal ini mewakili Dandim bersama unsur ...



Cilacap, Jateng | IMC - Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0703 Cilacap Kapten Inf Saidin dalam hal ini mewakili Dandim bersama unsur Forkopimda Kabupaten Cilacap mengikuti Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 secara Virtual, bertempat di Ruang Prasanda Rumah Dinas Bupati Cilacap, Jl. Jenderal Sudirman No.32 Cilacap, Rabu (01/06).

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Cilacap  H. Tatto Suwarto Pamuji, Danlanal Cilacap Kolonel laut (PM) Sugeng Subagyo, S.Sos, Dandim 0703/Cilacap yang diwakili Kapten Inf. Saidin, Kapolres Cilacap AKBP. Eko Widiantoro, S.I.K., M.H, Ketua Pengadilan Negeri Cilacap Hendri Tobing, S.H., M.H, Wakil Ketua pengadilan Agama Cilacap Drs Khairuddin, M.H, Mewakili Kajari Cilacap Widi Wicaksono, Sekda Kab. Cilacap Awaludin Murri, A.P., M.M neserta para Asisten Sekda, Kominfo Kab.Cilacap M Wijaya dan Kesbangpol Kab Cilacap yang diwakili Ibu Sri Suhartini.

Adapun Amanat yang disampaikan oleh Presiden RI lr. H. Joko Widodo dalam Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 menyampaikan hari ini 1 Juni 2022 kita memperingati hari lahir Pancasila di kota Ende Nusa tenggara Timur di kota yang sangat bersejarah ini bung Karno proklamator kemerdekaan bapak pendiri bangsa merenungkan dan merumuskan Pancasila, yang kemudian disahkan oleh PPKI sebagai Dasar Negara dan mewariskan pancasila bagi bangsa dan Negara.

"Bapak ibu hadirin yang saya hormati dari kota Ende saya mengajak seluruh anak-anak bangsa dimanapun berada untuk bersama-sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila, dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara, Pancasila Pancasila menghadapi tantangan dan ujian-ujian dan ini sudah dibuktikan berkali-kali dalam perjalanan sejarah bangsa bahwa bangsa dan negara kita bisa tetap berdiri kokoh menjadi negara yang kuat karena kita semua sepakat untuk berlandaskan pada Pancasila," ucapnya.

Tetapi saya selalu ingatkan kita harus betul-betul mengamalkan Pancasila dan memperjuangkan Pancasila kita wujudkan dalam sistem kemasyarakatan kebangsaan dan kenegaraan, kita kita implementasikan dalam tata kelola pemerintahan dan juga menjiwai interaksi antar sesama anak bangsa inilah tugas kita bersama, komponen bangsa menjadikan Pancasila sebagai ideologi Negara seluruh tumpah darah Indonesia.

"Saat ini menghadapi situasi dunia yang bergejolak belum sepenuhnya berakhir dan diikuti oleh krisis energi dan tangan serta ancaman kemiskinan ekstrem dan kelaparan dan juga perang di Ukraina, sebagai pemegang G20 kita mengajak seluruh negara maju di dunia bergotong-royong menciptakan umat manusia yang lebih baik membangun sistem Kesehatan global yang mampu menghadapi krisis di masa depan dengan tata kelola dunia yang lebih sehat lebih damai dan lebih berprikemanusiaan dan lebih dari berprikeadilan," imbuhnya.

Lebih lanjut, "Terakhir pemimpin bangsa terutama para pejabat pemerintahan tokoh agama tokoh masyarakat para pendidik para pemimpin partai politik para pemimpin dan tokoh-tokoh ormas dan para pemimpin-pemimpin lainnya, untuk menjadi teladan menjadi contoh dalam aktualisasi nilai-nilai Pancasila mengajar seluruh masyarakat untuk bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju mewujudkan cita-cita proklamasi kemerdekaan," tandasnya.(Sty)

No comments