TRUE

Page Nav

HIDE
GRID_STYLE
TRUE

Breaking News:

latest

Berantas Hama Padi, Babinsa Bersama Warga Desa Ketanggung Gropyok Tikus

Cilacap | Jateng, IMC - Babinsa Ketanggung Kecamatan Sampang yang juga merupakan salah satu anggota Koramil 07/Maos Sertu Tofik Ngatokhuroh...

Cilacap | Jateng, IMC - Babinsa Ketanggung Kecamatan Sampang yang juga merupakan salah satu anggota Koramil 07/Maos Sertu Tofik Ngatokhurohman bersama petani setempat melaksanakan kegiatan Gropyok Tikus di Area Persawahan Desa Ketanggung Kecamatan Sampang, Selasa (18/5/21).

Dalam kegiatan tersebut, Kepala Desa Ketanggung Joko Susanto bersama Kepala Dusunnya turun langsung membantu warganya memberantas hama padi yang meresahkan petani di desanya. 

Selaku Kepala Desa, Joko Susanto mengungkapkan, kegiatan gropyok tikus ini sudah direncanakan sejak awal untuk memberantas hewan pengerat yang merusak tanaman padi, namun terkendala dengan kesibukan lainnya. Dengan hadirnya anggota TNI dari Koramil 07/Maos yang datang membantu, membuat dirinya turun ke lapangan untuk melaksanakan kegiatan gropyok tikus.

”Selaku Kepala Desa Ketanggung, saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Babinsa dari Koramil Maos yang peduli dengan nasib para petani. Semoga dengan kegiatan ini, panen padi kelompok tani di desa kami, hasilnya akan meningkat,” ungkapnya.

Sementara itu, menurut Babinsa Sertu Tofik Ngatokhurohman, hama tikus ini sangat meresahkan para petani karena selain merusak tanaman padi juga berdampak fatal terhadap hasil panen nantinya sehingga harus segera ditanggulangi agar tidak meluas.

"Untuk itu agar serangan hama pengerat itu tidak terus meluas maka harus segera ditanggulangi, dan salah satu upaya penanggulangannya yaitu dengan cara gropyok tikus," ujarnya.

Lebih lanjut, kegiatan gropyok tikus dengan cara pengemposan asap belerang di lubang tikus yang dilakukan oleh para petani ini hasilnya terbukti cukup efektif. Sebab dengan cara ini banyak tikus yang dapat dibasmi," Imbuhnya.

(Urip/Sty) 

No comments