Page Nav

HIDE

Breaking News:

latest

Latnister Babinsa Kodim Brebes di Wilayah Desa Karangsari Bulakamba

Brebes | Jateng, IMC –  Prajurit TNI Kodim 0713 Brebes kembali melaksanakan Latihan Teknis Teritorial (Latnister) untuk mengasah, memelihara...


Brebes | Jateng, IMC – Prajurit TNI Kodim 0713 Brebes kembali melaksanakan Latihan Teknis Teritorial (Latnister) untuk mengasah, memelihara, dan meningkatkan kemampuan teknis selaku aparat teritorial atau babinsa.

Disampaikan Pasiops Kodim Brebes, Kapten Infanteri Sutarno, Latnister itu diikuti para Babinsa di 17 koramil jajaran Kodim, dengan materi 5 kemampuan teritorial, sikap teritorial, termasuk manajemen teritorial.

“Latihan yang digelar di wilayah Desa Karangsari Kecamatan Bulakamba ini juga untuk penyamaan persepsi antar babinsa dengan segenap komponen di masyarakat, baik penanganan bencana alam, konflik sosial dan lain-lain,” terangnya. Kamis (24/3/2022).

Lanjut Sutarno, untuk itulah anak-anak Pramuka Saka Wira Kartika binaan Koramil 07 Bulakamba juga dilibatkan.

Latihan gabungan itu juga merupakan upaya satuan dalam penyegaran dan meningkatkan penguasaan keterampilan para babinsa dalam menguasai kondisi geografi, demografi, maupun kondisi sosial di desa binaan.

“Ini akan menjadi acuan atau pedoman bagi para babinsa dalam pelaksanaan tugas pokok sehari-hari di lapangan (desa binaan) terkait kepentingan pertahanan negara,” tandasnya.

Sementara itu Sunarto selaku Kepala Desa Karangsari, sangat menyambut baik karena aparat desanya dilibatkan dalam latihan tersebut.

Menurutnya, latihan bersama TNI juga akan menambah ilmu terkait penanggulangan bencana alam, komsos (komunikasi sosial) penyelesaian konflik sosial, manajemen pelaporan kejadian (temu cepat lapor cepat), serta tentunya rasa kedisiplinan. (Aan/Red)

No comments