Page Nav

HIDE

Breaking News:

latest

Launching Angkringan Moderasi Beragama Di Lokasi Wisata Gunung Srandil

Cilacap , Jateng | IMC - Danramil 07/Maos Kapten Cba M. Isa Saefudin hadiri launching Angkringan Moderasi Beragama di lokasi wisata rohani ...



Cilacap , Jateng | IMC - Danramil 07/Maos Kapten Cba M. Isa Saefudin hadiri launching Angkringan Moderasi Beragama di lokasi wisata rohani gunung Srandil Desa Glempang Pasir Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Kamis (24/3).

Kegiatan dihadiri Ketua FKUB Kabupaten Cilacap Gus Soim El Amin, Lc, Kepala Kemenag Kabupaten Cilacap Imam Tobroni, Kepala KUA Adipala Imam Al Udin S.Ag., Kades Glempangpasir Margana, Perwakilan Agama Hindu Joko Warsito, Perwakilan Agama Kristen Musriyati, Para Kepala KUA se Distrik Kroya serta Anggota forum komunikasi penyuluh agama Islam (FKPAI).

Ketua penyelenggara kegiatan Muhammad Anwarudin dalam sambutannya menjelaskan, Moderasi beragama ini dibentuk Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI) untuk sosialisasi akan agama yang moderat untuk menjaga toleransi antar umat beragama.

"Kegiatan launching Angkringan Moderasi beragama ini terselenggara berkat kerja sama Kemenag Cilacap, Unit pengumpul zakat, Bank Jateng dan Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI)," Jelasnya.

Demikian halnya dengan Ketua FKUB Kabupaten Cilacap Gus Soim El Amin, Lc. Dirinya menilai bahwa moderasi beragama ini merupakan  program yang luar bisa. Harapannya, moderasi beragama ini menjadi miniatur kerukunan antar umat beragama khususny di Kecamatan Adipala dan menjadi miniatur kerukunan moderasi umat beragama di Kabupaten Cilacap. 

"Kami berharap program ini akan terus berkembang dan menjadi program unggulan dan menjadi percontohan untuk pembangunan jiwa dan raga umat beragama, dan  kegiatan louncing angkringan moderasi beragama akan menjadi nilai nilai moderat beragama," Harap Gus Soim. 

Dia menilai Moderasi beragama membentuk cinta kasih antar umat beragama dan semoga menjadi cinta kasih yang kongkrit. Harapan kami ada koordinasi antara forum komunikasi penyuluh agama Islam (FKPAI) dengan pemerintah daerah sehingga program-program pemerintah daerah akan betul-betul terealisasi," harapnya lagi.

Semua agama mengajarkan kita berbuat kebaikan diantaranya saling toleransi, saling pengertian, saling menghargai dan kerja sama ini semua bisa diimplementasikan dalam angkringan moderasi beragama," Tambahnya. 

Harapan yang sama juga disampaikan Kepala Kemenag Cilacap Imam Tobroni. Dengan program ini akan menguatkan semangat kebersamaan, toleransi dan kerukunan antar umat beragama karena agama bukan perselisihan, agama mengajarkan kita untuk saling menjaga kerukunan, saling toleransi dan hidup.

Melalui louncing angkringan ini pihaknya juga menilai akan membantu perekonomian masyarakat kecil lintas agama dan berharap angkringan ini menjadi sarana edukasi, komunikasi sosialisasi di tengah masyarakat dan akan menjadi penguatan agama yang moderat. 

"Semoga di lokasi wisata Srandil ini akan menjadi simbol destinasi keragaman umat beragama karena di lokasi wisata Srandil merupakan lokasi wisata religi yang lekat akan budaya Jawa, ini menjadi potensi kita penguatan moderasi beragama di Kabupaten Cilacap," Pungkasnya.(Sty) 


No comments