Page Nav

HIDE

Breaking News:

latest

Pelihara Kemampuan Teritorial, Kodim 0703 Cilacap Gelar Latnister Tahun 2022

Cilacap , Jateng | IMC - Guna memelihara kemampuan Pembinaan Teritorial (Binter) prajurit, Kodim 0703 Cilacap menggelar kegiatan Latihan Te...



Cilacap , Jateng | IMC - Guna memelihara kemampuan Pembinaan Teritorial (Binter) prajurit, Kodim 0703 Cilacap menggelar kegiatan Latihan Teknis Teritorial (Latnister) Tahun 2022, bertempat di Komplek halaman Makodim, Jln. Jenderal Sudirman No. D-1 Cilacap. Selain di Makodim Latihan praktek lapangan juga dilakukan di Koramil dan Kelurahan terdekat dalam hal ini wilayah Koramil 01 Cilacap dan Koramil 18 Cilacap Utara, Kamis (24/03).

Bertindak selaku Pimpinan Umum Latihan Dandim 0703 Cilacap Letkol Inf Andi Afandi, S.I.P, Pengawas dan Evaluasi (Wasev) Kasdim Mayor Inf Drs. Abdul Asis Lallo dan Kapten Inf Umar Juhepa,  Asisten Teknik (Asnik) Kapten Inf Tugirun dan Kapten Inf Suwanto.

Adapun pejabat Komandan Latihan (Danlat) Kapten Inf Marjono, Wadanlat Kapten Inf Tasino, para Danramil sebagai Koordinator Materi (Koormat). Antara lain Kapten Cpm Agus Santoso Koormat Sikap Ter dan Talak Binter, Kapten Cba Gunawan W, S.H Koormat Lima Kemampuan Ter dan Sisrendal Binter, Kapten Cba M. Isa Saefudin Koormat Bhakti TNI, Kapten Inf Agus Sudarso Koormat Binwanwil dan  Letda Czi Gunadi Koormat Komunikasi Sosial (Komsos) dan para perwakilan Babinsa jajaran sebagai peserta latihan.



Komandan Latihan (Danlat) Latnister Kapten Inf Marjono dalam kesempatan mengambil apel di hadapan para peserta latihan mengatakan Latihan yang dilaksanakan setiap tahun merupakan program Satuan yang bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan para Babinsa sebagai garda terdepan dalam pembinaan teritorial di wilayah.

"Selain untuk memelihara kemampuan binter, latihan ini juga menjadi sarana silaturahmi bagi para Babinsa dengan para tokoh aparat pemerintahan di wilayah latihan. Untuk itu laksanakan latihan ini dengan baik, semangat dan aplikasikan setiap  materi yang telah diterima sebagai bekal di lapangan," katanya.

Metode Latihan yang dilakukan secara teori dan praktek langsung di Kantor Kelurahan akan memudahkan bagi para Babinsa untuk menyerap dan mengaplikasikan secara langsung bersama aparat desa atau kelurahan di wilayah binaanya masing masing.

"Secara teknis para Babinsa sudah menguasai kemampuan teritorial karena selalu berada di wilayah dan hadir di tengah tengah masyarakat, sehingga mampu mengaplikasikan Binter secara langsung, namun dari Satuan perlu adanya Latihan yang terprogram sehingga kemampuan Binter prajurit ini selalu terjaga dengan baik," tutupnya.(Sty)

No comments