Page Nav

HIDE

Breaking News:

latest

Banjir Lagi, Warga Dukuh Bayur Jatibarang Berharap Respon Pihak Terkait

Brebes | Jateng, IMC –  Banjir langganan kembali menggenangi wilayah pemukiman dan areal persawahan warga Dukuh Bayur, Desa Bojong, Kecamata...


Brebes | Jateng, IMC – Banjir langganan kembali menggenangi wilayah pemukiman dan areal persawahan warga Dukuh Bayur, Desa Bojong, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Kamis pagi (21/4/2022).

Banjir ini disebabkan meluapnya Sungai Pemali akibat kiriman air dari wilayah Brebes bagian selatan yang diguyur hujan dengan intensitas sedang sampai tinggi.

Danramil 02 Jatibarang Kodim 0713 Brebes, Kapten Arhanud Suryadi SH menjelaskan, Air mulai masuk ke wilayah Dukuh Bayur sekitar pukul 04.00 WIB. Untuk dampak terparah di Dukuh Bayur yaitu di RT. 11, RT. 13, RT. 14, dan RT. 15, dengan genangan air setinggi kurang lebih 45 cm.

“Untuk kerugian materiil akibat banjir kali ini ditaksir mencapai Rp. 65 juta, akumulasi dari tanaman bawang, padi, dan palawija milik warga setempat di lahan seluas kurang lebih 16 hektar,” bebernya.

Kondisi terbaru yakni air mulai bergerak surut, untuk ketinggian air di pemukiman mencapai 20 cm. Namun jika wilayah Brebes selatan hujan deras lagi maka banjir langganan bisa terjadi lagi.

Warga berharap pihak terkait segera merespon banjir langganan itu karena di wilayah Dukuh Bayur memang tidak ada tanggul Kali Pemali. (Aan/Red)

No comments