Page Nav

HIDE

Breaking News:

latest

Hari Lingkungan Hidup, Pelestarian Sungai Bengawan Donan Disosialisasikan

Cilacap, Jateng | IMC - Dalam rangka Hari Lingkungan Hidup, Pemerintah Kabupaten Cilacap bersama Perum Jasa Tirta I dan Biro ISDA Provinsi ...



Cilacap, Jateng | IMC - Dalam rangka Hari Lingkungan Hidup, Pemerintah Kabupaten Cilacap bersama Perum Jasa Tirta I dan Biro ISDA Provinsi Jawa Tengah, melaksanakan kegiatan sosialisasi pelestarian Sungai Bengawan Donan di Kelurahan Kutawaru, Kecamatan Cilacap Tengah, Selasa (7/6/22).

Kegiatan dihadiri Sekda Kabupaten Cilacap Awaludin Mu'uri, AP, MM, Kepala DLH Sri Murniyati, ST, M.Si, Assisten II Sekda Cilacap Drs. Wasi Ariadi, MM, Direktur Utama Perum Jasa Tirta I Raymond Vallian Ruritan, Kepala Biro ISDA Provinsi Jawa Tengah Dadang Sumantri, ATD, MT, GM. KPI Pertamina RU IV Cilacap Yogi Wardana.

Juga hadir Camat Cilacap Tengah Bambang Wijoseno, S.Sos. M.Si, Kapolsek Cilacap Tengah yang diwakili Aiptu Setiana, Danramil 01/Cilacap Kapten CPM Agus Santoso, Kasi Trantib Kecamatan Cilacap Tengah Sentot Maryanto, SE., Lurah Kutawaru dan para perangkatnya serta diikuti kurang lebih 80 orang peserta dari 4 Kelurahan Eks Kotip Cilacap, Anggota Linmas dan Pokdarkamtibmas Kelurahan Kutawaru.

Dalam sambutannya, Direktur Utama Perum Jasa Tirta I Raymond Vallian Ruritan menyampaikan, kegiatan pelestarian alam ini merupakan bagian dalam merawat lingkungan. Selain memberikan masyarakat juga lingkungan lebih lestari dan akan ditanam bakau dan kepiting yang merupakan bentuk kepedulian karena banyaknya industri yang ada di Kabupaten Cilacap. 

Begitu halnya apa yang disampaikan Kepala Biro ISDA Provinsi Jawa Tengah Dadang Sumantri. Dalam sambutannya, dia menyampaikan bahwa bantuan yang akan diberikan berupa pohon mangrove, kepiting dan sumur resapan merupakan bagian dari program Biro ISDA Jawa Tengah. Diharapkan bantuan ini na tinya dapat di manfaatkan oleh masyarakat dan di jaga kelestariannya dalam rangka menjaga keseimbangan ekositem lingkungan alam.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penyerahan 50.000 batang bibit mangrove dan 1.000 ekor kepiting serta sumur resapan secara simbolis.



Bupati Cilacap melalui Sekda Cilacap sangat mengapresiasi dengan kegiatan yang dilaksanakan ini. Hal ini dinilai sangat positif dan strategis, karena selain dapat dimanfaatkan sebagai forum silaturahmi, juga dapat digunakan sebagai ajang untuk menyamakan persepsi dan langkah dalam upaya pelestarian Sungai Donan sesuai dengan karakteristik ekosistemnya sehingga pemanfaatan sumber daya alam dapat berlangsung secara optimal dan berkelanjutan.

"Sosialisasi ini merupakan bagian dari Hari Lingkungan Hidup, hal ini untuk menjaga lingkungan. Pada kesempatan baik ini saya mengajak untuk selalu berpartisipasi aktif dalam kelestarian alam lingkungan di sungai Bengawan Donan. Dengan ucapan Bismillah secara resmi kegiatan sosialisasi Pelestarian Sungai Bengawan Donan dalam rangka Hari Lingkungan Hidup di Kelurahan Kutawaru Kecamatan Cilacap Tengah ini saya buka," Ucap Awaludin.

Setelah acara sosialisasi pelestarian Sungai Bengawan Donan, dilanjutkan penanaman Bibit Mangrove dan Kepiting di Wisata Kuliner Kampong Kepiting Kelurahan Kutawaru.(Sty)

No comments