Page Nav

HIDE

Breaking News:

latest

Bawa ke Forum G20, PT KPI RU IV Cilacap dan Kodim 0703/Cilacap Tinjau Dua Dusun di Kampunglaut

Cilacap,Jateng | IMC - Dalam rangka menyelesaikan permasalahan sosial, ekonomi dan lingkungan khususnya di wilayah Kecamatan Kampunglaut, P...



Cilacap,Jateng | IMC - Dalam rangka menyelesaikan permasalahan sosial, ekonomi dan lingkungan khususnya di wilayah Kecamatan Kampunglaut, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit (RU) IV Cilacap bekerjasama dengan Kodim 0703/Cilacap telah melakukan berbagai upaya dalam memajukan desa pelosok yang ada di wilayah Kampunglaut.

Salah satunya di dusun Bondan dan dusun Kolak Sikancil, Desa Ujungalang, Kecamatan Kampunglaut, Rabu (9/3/22). Guna terus meningkatkan berbagai potensi di wilayah ini ke forum G20, PT KPI RU IV Cilacap bersama pihak Kodim 0703/Cilacap meninjau perkembangan kemajuan di desa binaannya tersebut.

Kegiatan ini diikuti oleh Manager CSR dari Pertamina Pusat Ibu Sari, Tim CSR Elvina Winda Sagala dan Ahmad Games Aulia, Tim Comm dan Event Panji dan Lando, Tim SRE pimpinan Zagy Berian, Pasiter Kodim 0703/Cilacap Kapten Inf Saidin, Pasiintel Kapten Inf Taryun, Manager Comrel PT KPI RU IV Cilacap Cecep Supriyana, Offisel Comrel Adi, dan perwakilan  DLH Kabupaten Cilacap Hersri Sintowati, serta Green Eart Tiem Kodim 0703/Cilacap.

Dalam memajukan kedua dusun di Desa Ujungalang ini, PT KPI RU IV Cilacap sendiri, mengusung program dengan tema Community Empowerment Based on Renewable Energy. Program ini mampu dan efektif menyelesaikan kebutuhan sosial, ekonomi, dan lingkungan.


 

Dua dusun ini yang sebelumnya belum memiliki akses langsung terhadap listrik, kini kebutuhan listrik telah dipenuhi melalui inovasi program CSR PT KPI RU IV Cilacap yaitu Hybrid Energy One Pole (HEOP) dan Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid (PLTH). Implementasi program Community Empower Based on Renewable Energy telah meningkatkan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat berupa listrik dan air. 

PLTH menjadi triggers terhadap permasalahan air dan listrik hingga terdampak kepada munculnya kegiatan baru berupa kewirausahaan  pemberdayaan ibu-ibu dalam olahan hasil tambak. 

Dari Kodim 0703/Cilacap sendiri, dengan berkolaborasi dengan BPBD, DLH dan juga PT KPI RU IV Cilacap telah melakukan pembudidayaan dan penanaman pohon mangrove di sekitar segara anakan dan Kampunglaut. 

Hal ini sebagai langkah bersama guna menjaga agar ekosistem pohon mangrove tidak punah. Terkait hal itu, Kodim 0703/Cilacap telah membentuk Green Earth Team (Tim Bumi Hijau) yang telah diresmikan Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf Andi Afandi beberapa waktu yang lalu.

Dalam kunjungannya di dua dusun tersebut, Tim CSR, PT KPI RU IV Cilacap, dan Kodim 0703/Cilacap berkesempatan bertatap muka dengan tokoh masyarakat untuk membahas beberapa potensi yang bisa dikembangkan guna menyelesaikan permasalahan pembangunan dan ekonomi masyarakatnya. (Sty)

Sumber:(Pendim/Clp)


No comments